IYFCC – Forum Untuk Perubahan Iklim

International Youth Forum On Climate Change yang diadakan oleh KNPI bekerjasama dengan WAY (World Assembly Of Youth) dilaksanakan pada tanggal 23 s.d 28 Februari 2011. Rangkaian kegiatan ini antara lain adalah Konfrensi international membahas tentang isu Climta Change dan Riset Lapangan. Riset lapangan dibagi dalam 3 kelompok, Kelompok yang mengunjungi Pulau Kapoposan, Tanjung Puting dan Pulau Komodo. Alhamdulillah saya mendapat jatah mengunjungi Pulau Komodo. Perjalanan pun dimulai. hari rabu malam kami tiba di bandara ngurahrai bali tepat pukul 18.00 waktu indonesia tengah.

kami beristirahat 1 malam di bali sebelum melanjutkan perjalanan ke pulau komodo. FYI bahwa pesawat yang menuju pulau komodo hanya ada di pagi hari. Esok pagi kami melanjutkan perjalan menuju pulau komodo dengan menggunakan armada Avianstar.

Perjalanan dari bandara ngurah rai bali menuju bandar udara komodo ditempuh selama 1,5 jam. alhamdulillah ketika sampai bandarudara komodo, kami disambut oleh pemerintah daerah. bak pejabat yang hadir mengunjungi daerah (ya iyalah ini kan event internasional).

kami istirahat disebuah hotel berbintang di pulau tersebut. hotelnya bernama Hotel Flores. setibanya kami sampai di hotel, kami disambut dengan tarian daerah, yaitu tarian CHI CHA. tarian ini sama seperti tarian yang di gunakan salah satu produk minuman energi. malam hari kami dijamu dinner bersama pemerintah daerah.

pagi pukul 08.00 kami bersiap menuju sebuah lokasi yang masuk dalam nominasi 7 keajaiban dunia, yaitu Pulau KOMODO. berikut berita tentang Pulau Komodo :

Terletak di antara provinsi Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat, taman nasional ini terdiri atas tiga pulau besar Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar serta beberapa pulau kecil.

Pada tahun 1980 taman nasional ini didirikan untuk melindungi komodo dan habitatnya. Di sana hidup habitat asli dari Komodo Dragon, selain itu terdapat 277 spesies hewan yang merupakan perpaduan hewan yang berasal dari Asia dan Australia, yang terdiri dari 32 spesies mamalia, 128 spesies burung, dan 37 spesies reptilia.

25 spesies diantaranya, seperti halnya komodo termasuk spesies hewan darat dan burung yang dilindungi.

Pulau Komodo juga termasuk kontestan 7 keajaiban dunia yang hingga saat ini masih bertahan diantara 28 kontestan lainnya.

Selain itu, di kawasan ini terdapat pula terumbu karang. Setidaknya terdapat 253 spesies karang pembentuk terumbu yang ditemukan di sana, dengan sekitar 1.000 spesies ikan, hal tersebut menjadikan perairan Pulau Komodo sebagai tujuan wisata menyelam yang sangat indah.

Pulau komodo ditempuh 3 jam melalui pelabuhan bajo dengan menggunakan kapal nelayan. selama perjalanan kami menikmati suasana laut yang begitu indah. Subhanalloh. inget lagu “Nenek Moyangku seorang pelaut”.

Setibanya kami di pulau komodo, kami disambut oleh seekor komodo berukuran lumayan besar, yang menyebabkan kami mesti diam sejenak menunggu komodo tersebut meninggalkan kami. maklum komodo itu hewan berdarah dingin.